Home UPTD PKM Kilo Puskesmas Kilo Kawal Gizi Balita Melalui Kelas Ibu Balita

Puskesmas Kilo Kawal Gizi Balita Melalui Kelas Ibu Balita

35
kelas ibu balita
Kelas Ibu Balita Puskesmas Kilo

Kegiatan Kelas Ibu Balita merupakan sarana untuk belajar bersama tentang Kesehatan balita dalam bentuk tatap muka  dengan peserta nya  Ibu-ibu yang mempunyai anak berusia antara 0-5 tahun, secara bersama-sama berdiskusi dan saling tukar pendapat serta berbagi pengalaman  tentang pemenuhan pelayanan Kesehatan, Gizi, stimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak dengan dibimbing oleh Fasilitator. Sumber belajar nya menggunakan Buku KIA, dengan disertai  penyuluhan  menggunakan media buku lembar balik.

kelas iibu balita
Pemaparan Materi oleh Fasilitator di Desa Taropo

Poskesdes Taropo dan Pustu Kambu Desa Mbuju, Kecamatan Kilo, menjadi tempat diadakannya Kelas Ibu Balita  pada tanggal 06 September 2022 dan 13 September 2022. Kegiatan ini difasilitatori oleh Penanggungjawab program KIA, bekerjasama dengan program Gizi, dan juga Bidan dari Puskesmas Kilo. Adapun Peserta yang ikut dalam kegiatan ini adalah ibu dan balita nya berumur 0-5 tahun yang dalam kegiatan ini mendapatkan informasi Kesehatan berkaitan dengan Pola Asuh anak, ASI Eksklusif dll.

kelas ibu balita puskesmas kilo
Pemaparan Materi oleh Fasilitator di Desa Mbuju

Bentuk kegiatan yang dilakukan pada hari itu adalah diskusi, tukar pikiran, tukar pendapat, menceritakan pengalaman bagaimana cara mengasuh anak yang dibimbing langsung oleh fasilitator dari Puskesmas Kilo yaitu Arsyani Rusanti AMD. Keb (penanggungjawab KIA), Alimin, S.Gz, Nurhardianti, S.ST , dan Tanti Tahyanti, AMD. Gz. Materi yang disampaikan tentang ASI Ekslusif, Imunisasi, MP ASI, Tumbuh Kembang Anak, serta perawatan gigi pada anak.

Pemaparan materi oleh Fasilitator

Tujuan kelas Ibu Balita adalah meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dalam mewujudkan tumbuh kembang balita yang optimal. Pelaksanaan kelas ini dikelompokan sesuai dengan usia balita: 0-1 tahun, 1-2 tahun, dan 2-5 tahun (Kemenkes RI, 2011).

Manfaat kelas Ibu Balita, Bagi Ibu Balita dan keluarganya yaitu sebagai sarana untuk mendapatkan teman, tempat konsultasi yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak, dan tentunya memperoleh informasi penting yang harus diperaktekan dalam kehidupan sehari-hari.  Sedangkan bagi petugas Kesehatan, penyelenggaraan kelas Ibu Balita ini merupakan media untuk lebih mengetahui tentang Kesehatan Ibu , Balita, Anak, dan keluarganya, serta dapat menjalin hubungan yang lebih erat dengan Ibu, Balita, keluarganya dan juga Masyarakat sekitar.