Home UPTD PKM Kilo UPTD PUSKESMAS KILO GELAR PERTEMUAN AUDIT MATERNAL PERINATAL/NEONATAL (AMP/N)

UPTD PUSKESMAS KILO GELAR PERTEMUAN AUDIT MATERNAL PERINATAL/NEONATAL (AMP/N)

72
Audit Maternal Perinatal
Pertemuan Audit Maternal Perinatal Di Kecamatan Kilo

Pembangunan Kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, kemampuan sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat Kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi tingginya derajat Kesehatan masyarakat adalah dengan menurun nya angka kematian Ibu,  bayi dan balita, oleh sebab itu perlu adanya perhatian khusus dari semua pihak dan kalangan.

Tahun ini, Puskesmas Kilo melaporkan kasus sebanyak 7 neonatus dan 2 bayi yang meninggal  di Kecamatan Kilo. Hal ini tentu menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Dompu. Salah satu bentuk strategi dalam menghadapi permasalahan tersebut, Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu mengadakan Pertemuan yang membahas perihal Audit Maternal dan Perinatal/Neonatal (AMP/N) dengan melibatkan seluruh kepala UPTD Puskesmas Se-Kabupaten Dompu beserta seluruh aparat pemerintahan Kecamatan Kilo.

Pemaparan AMP oleh Bu Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Dompu

Kegiatan ini dilaksanakan Rabu tanggal  31 Agustus 2022 bertempat di Aula Kantor Camat Kilo yang dimulai dengan sambutan oleh Bapak Maman, S.KM, M.MKes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu kemudian dilanjutkan pemaparan oleh Anike Kusumuwati, S.ST,M.Kes selaku Ibu Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu mengenai peranan Lintas Sektor dalam upaya pencegahan dan penurunan angka kematian Bayi di Kabupaten Dompu khususnya Kecamatan Kilo. Selain itu, kegiatan ini juga dirangkaian dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Pencegahan Kematian Ibu dan Bayi Di Kecamatan Kilo sebagai bentuk komitmen bersama dalam mencegah kematian ibu dan bayi di Kecamatan Kilo.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Pencegahan Kematian Bayi

Pertemuan ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh semua pihak yang hadir dan semakin terbangunnya Kerjasama antara petugas Kesehatan dan semua lintar sektor terkait agar angka kematian bayi dapat dicegah agar tidak terjadi lagi di Kabupaten Dompu terkhusus Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Kilo.