Home UPTD PKM Dompu Barat LOKAKARYA MINI BULAN PERTAMA UPTD PUSKESMAS DOMPU BARAT 10 JANUARI 2023

LOKAKARYA MINI BULAN PERTAMA UPTD PUSKESMAS DOMPU BARAT 10 JANUARI 2023

1017

Puskesmas Dompu Barat – Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas, Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya. Pembangunan kesehatan yang diselenggarakan di Puskesmas bertujuan untuk mewujudkan wilayah kerja Puskesmas yang sehat, dengan masyarakat yang: a. memiliki perilaku sehat yang meliputi kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat; b. mampu menjangkau Pelayanan Kesehatan bermutu; c. hidup dalam lingkungan sehat; dan d. memiliki derajat kesehatan yang optimal, baik individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat. Pembangunan kesehatan yang diselenggarakan di Puskesmas Dompu Barat dalam rangka mewujudkan Kecamatan Woja yang sehat.

Sesuai Pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas (Depkes RI, 2006), Manajemen Puskesmas merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bekerja secara sinergik yang meliputi perencanaan, penggerakan pelaksanaan serta pengendalian, pengawasan dan penilaian. Penerapan manajemen penggerakan pelaksanaan dalam bentuk forum pertemuan yang dikenal dengan Lokakarya Mini.

Berikut beberapa hal yang tercantum dalam Pedoman tersebut terkait minlok Puskesmas.

Tujuan umum Lokakarya Mini Puskesmas adalah untuk meningkatkan fungsi Puskesmas melalui penggalangan kerja sama tim baik lintas program maupun lintas sektor serta terlaksananya kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan.

Sedangkan tujuan khusus Minilok Puskesmas antara lain untuk :

  1. Tergalangnya kerjasama tim baik lintas program maupun lintas sektor.
  2. Terpantaunya hasil kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan.
  3. Teridentifikasinya masalah dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan Puskesmas.
  4. Teridentifikasinya penyebab masalah serta diupayakannya pemecahan masalah.
  5. Tersusunnya rencana kerja untuk periode selanjutnya.

Menurut Kepala Puskesmas Dompu Barat Mujakir SKM, kegiatan minlok diikuti seluruh staf dan karyawan Puskesmas Dompu Barat yang dilakukan sebulan sekali untuk monitoring dan evaluasi kerja yang ada.

“Pertemuan minilok Kali ini UPTD Puskesmas Dompu Barat di hadiri oleh Kabid Yankes Dinkes Kabupaten Dompu Hj. Rostiyati Arisandi S.ST, dan Kabid P2PL Dinkes Kabupaten Dompu Mariah Ulfa Hamidah S. Kep,Ners, M. Kes Beserta jajarannya.

Pertemuan Minilok Puskesmas Dompu Barat membahas capaian kerja oleh tim-tim yang memberikan paparan terkait monitoring kinerja tim Lintas Program Yang dipaparkan langsung oleh Kepala Puskesmas Dompu Barat Mujakir SKM, adapun Perencana memberikan paparan tentang Rencana kerja di Puskesmas Dompu Barat yang dipaparkan langsung oleh Tim Perencana Dewi Sartika SKM. (PromkesDompuBarat)