Home UPTD PKM Dompu Timur TANGGAP POTENSI KLB DEMAM BERDARAH

TANGGAP POTENSI KLB DEMAM BERDARAH

333
PSN Dotim

Menindaklanjuti respon Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah di Kabupaten Dompu yang mengalami kenaikan kasus di awal tahun 2023. Meningkatnya kasus DBD di pengaruhi beberapa faktor diantaranya kepadatan populasi nyamuk aedes aegypti yang disebabkan banyaknya tempat perindukan nyamuk yang terjadi pada musim penghujan dimana terjadi banyak genangan disekitar lingkungan pemukiman seperti kaleng bekas, botol bekas, drum penampungan air hingga tempat air minum ternak dan sebagainya.

Dalam rangka mengantisipasi peningkatan kasus, Puskesmas Dompu Timur ProgramPenyehatan Lingkungan berkolaborasi dengan lintas Program DBD untuk melakukan survey vektor nyamuk, menaburkan bubuk larvasida yang bertujuan memberantas jentik (larva) nyamuk terutama di tempat-tempat penampungan air.

PSNdotim  PSN Dotim

PSN Dotim

Tim petugas puskesmas Dompu Timur selalu gencar melakukan edukasi ke masyarakat tentang kiat mencegah dengan menggalakkan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan menerapkan Metode 4M Plus yang dilakukan minimal 1 kali dalam 1 minggu oleh setiap warga, sosialisasi cara penggunaan bubuk abate.

PSN Dotim
Selain itu Tim melakukan koordinasi dengan Lintas Sektor saat ditemukan kasus baru DBD untuk dilakukan Fogging sebagai upaya pemberantasan nyamuk dewasa.

PSN Dotim

PSN Dotim