Home Artikel PENDIDIKAN OKE, SDM KUAT DAN DAERAH BERPRESTASI

PENDIDIKAN OKE, SDM KUAT DAN DAERAH BERPRESTASI

12
Ketua yayasan stikes yahya saat bertemu Kepala dinas Kesehatan

Pendidikan Oke, SDM kuat dan  Daerah berprestasi
Oleh : Mulyadin, S.kep

 

Polemik dalam hidup selalu di temui oleh setiap mahluk hidup ciptaan Tuhan dalam menjalani hidup sesuai dengan peran masing -masing. Manusia dalam keberadaannya sebagai mahluk ciptaan tuhan yang paling sempurna, sebagaimana Allah SWT berfirman di dalam Kitab suci Al-Qur’an surat Attin ayat 4 yang artinya “sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”. Manusia yang dikaruniai akal dan fikiran agar mampu mengelola, memanfaatkan, serta menata segala apa yang ada di dalam bumi tempatnya berpijak.

Dalam kehidupannya manusia tentu harus didasari oleh ilmu yang mumpuni, keahlian yang bisa diandalkan dan kecakapan serta ketekunan ingin merubah diri menjadi lebih baik. Aktualisasi diri perlu sekali di angkat setingkat lebih tinggi dari Orang lain, supaya sesorang bisa lebih percaya diri dalam setiap gerak dan pergerakannya dalam moderenisasi kehidupan seperti saat ini. salah satu yang memang harus dipenuhi dalam setiap diri seseorang adalah berusaha menyeimbangkan diri dalam setiap kemajuan yang berkembang supaya tidak dianggap ketinggalan Zaman.

Ilmu pengetahuan yang selalu berubah setiap tahunnya sejalan dengan perkembangan tekhnologi, sesorang di paksa untuk ikut dalam aturan Zaman dan sudah barang tentu persaingan akan semakin ketat sesuai dengan Disiplin ilmu, keahlian, dan Kedekatan. “kenapa kedekatan menjadi salah satu faktor untuk menepis persaingan ?” sebenarnya faktor ini adalah Tradisi dari zaman ke zaman yang memang sudah mendarah daging dalam diri manusia, tetapi bedanya di zaman dulu faktor kedekatan tersaring belakangan setelah tingkat pengetahuan dan keahlian demi sebuah keberhasilan, zaman sekarang faktor kedekatan menjadi penyaring pengetahuan dan keahlian. dampaknya untuk mengurus sesuatu selalu lamban untuk orang lain.

Para Pemerhati pendidikan selalu punya ide dan gagasan dalam membantu pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa secara turun menurun sesuai perkembangan zaman. Salah satu contoh YAYASAN STIKES YAHYA BIMA yang sekarang sudah menyandang status Akreditasi B oleh Dikti ,mulanya hanyalah sebuah ide kecil dari dalam diri Pendiri STIKES YAHYA BIMA yaitu bapak Yahya, SKM.M.Kes Yang sekarang nama beliau sudah diabadikan menjadi nama Yayasan berprestasi di kabupaten bima. Bapak Yahya dengan jeli melihat peluang, sehingga mampu mengembangkan ide kecil tadi sampai menjadi sebuah intitusi pendidikan tinggi berkualitas yang disokong oleh para dosen hebat lulusan dari berbagai Universitas terpandang dalam negeri maupun luar negeri.

Ide dan gagasan cemerlang pemerhati pendidikan tersebut diatas perlu di dukung oleh semua pihak, baik di lingkup masyarakat, mahasiswa, dosen, lulusan alumni sampai pada pemerintahan kabupaten/kota, demi kemajuan suatu daerah. Saling dukung mendukung dari semua pihak tentu akan sangat bernilai tinggi dalam dunia pendidikan, karena Pendidikan merupakan salah satu faktor yang penting dalam pengembangan sumber daya manusia, tidak hanya mampu menambah cara melaksanakan kerja yang baik tetapi juga sebagai landasan untuk pengembangan diri serta kemampuan memanfaatkan semua sarana dan prasarana yang ada di sekitar kita untuk kelancaran pelaksanaan tugas. jika tugas dapat diselesaikan dengan sempurna, tepat waktu, tepat sasaran, serta output sesuai yang di harapkan tentu harapan bangsa akan majunya suatu daerah akan tercapai. Akhir tulisan, penulis ingin mengutarakan satu kalimat motto untuk kita semua  “Pendidikan Oke, SDM kuat dan  Daerah berprestasi “