Home Berita PEMERINTAH KABUPATEN DOMPU RAIH PENGHARGAAN UNIVERSAL HEALTH COVERAGE (UHC)

PEMERINTAH KABUPATEN DOMPU RAIH PENGHARGAAN UNIVERSAL HEALTH COVERAGE (UHC)

41
Kepala Dinas Kesehatan Kab. Dompu Maman, SKM., M.MKes, bersama Bupati Dompu H. Kader Jaelani dan Kepala BPJS Cabang Dompu Kamaludin

DinkesDompu – Selasa, (14/03/2023) Kabupaten Dompu menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Wakil Presiden Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota yang mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional yang mendorong terwujudnya Universal Health Coverage (Cakupan Kesehatan Semesta) di Indonesia bertempat di Balai Sudirman, Jakarta Selatan.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional kepada pejabat Bupati Dompu H. Kader Jaelani.

UHC merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah RI kepada provinsi dan kabupaten/kota yang berkomitmen kuat melindungi kesehatan warganya dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menekankan tercapainya predikat UHC maka pemerintah daerah setempat juga harus memastikan bahwa setiap penduduk memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang adil, merata dan bermutu, baik itu layanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Bupati Dompu H. Kader Jaelani menyatakan bangga atas pencapaian yang diraih oleh daerahnya, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten Dompu yang telah bekerja keras dan sinergi yang tercapai selama ini sehingga masyarakat Kabupaten Dompu bisa terjamin ke dalam Program Kesehatan Nasional.