Home UPTD PKM Dompu Barat Pembentukan Forum Desa Siaga Desa Bara

Pembentukan Forum Desa Siaga Desa Bara

69

Desa sebagai sebuah kesatuan masyarakat hukum yang tinggal di suatu wilayah pedesaan, dipandang lebih kuat dan mampu menghadapi masalah Kesehatan,Keberadaan Forum Desa Siaga Desa Bara dibahas dalam acara Pembinaan Desa Siaga Aktif desa Bara yang diselenggarakan oleh Puskesmas Dompu Barat pada Jumat(23/09/2022) di aula Desa Bara.

Secara kelembagaan, eksistensi Desa Siaga Desa Bara ini sudah terbentuk sejak tahun 2010,Jauh hari sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Perannya dalam pembangunan kesehatan di desa Bara cukup dirasakan. Hal itu dapat dilihat dari keberlangsungan implementasi 7 kriteria Desa Siaga di desa Bara.

 

7 Kriteria Desa Siaga Aktif adalah

 

  1. ​Kepedulian Pemerintah Desa, pemuka masyarakat terhadap Desa Siaga yang tercermin dari keberadaan dan keaktifan Forum Desa Siaga itu sendiri.
  2. Keberadaan Kader Pemberdayaan Masyarakat/kader teknis Desa dan Kelurahan Siaga Aktif.
  3. Kemudahan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dasar yang buka atau memberikan pelayanan setiap hari
  4. Keberadaann UKBM yang dapat melaksanakan :
    a) Surveilans berbasis masyarakat
    b) Penanggulangan bencana dan kedaruratan kesehatan.
    c) Penyehatan lingkungan.
  5. ​Tercapainya pendanaan untuk pengembangan Desa Siaga Aktif dalam Anggaran Pembangunan Desa serta dari masyarakat dan dunia usaha.
  6. Peran aktif masyarakat dan organisasi kemasyarakatan dalam kegiatan kesehatan di Desa dan Kelurahan Siaga Aktif.
  7. Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga .                                      Hal tersebut juga turut diaminkan oleh Kepala Puskesmas Dompu Barat Mujakir, SKM sebagai narasumber dalam Giat Pembinaan dan Penyuluhan Desa Siaga Desa Bara itu,ia Menyatakan siap Membantu Untuk Pembangunan Gapura Yang Bertuliskan “Selamat Datang Di Desa Siaga Aktif Desa Bara”(PromkesDobar)