Home UPTD PKM Dompu Barat UPTD Puskesmas Dompu Barat Kick Off Integrasi Layanan Primer (ILP) Wujudkan Transformasi...

UPTD Puskesmas Dompu Barat Kick Off Integrasi Layanan Primer (ILP) Wujudkan Transformasi Kesehatan

65
Suasana Rapat Pembahasan ILP
Pelayanan UPTD Puskesmas Dompu Barat

PromkesDobar- UPTD Puskesmas Dompu Barat secara resmi melakukan Kick Off Integrasi Layanan Primer (ILP) di Wilayah kerjanya Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu. Agenda ini dipimpin oleh Kepala Puskesmas Dompu Barat, Mujakir SKM, di Aula Puskesmas Dompu Barat. Dalam sambutannya, Kepala Puskesmas Dompu Barat, Mujakir SKM, menjelaskan integrasi layanan primer merupakan transformasi layanan yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Pembagian Klaster Puskesmas Dompu Barat

Detail Klaster UPTD PUSKESMAS DOMPU BARAT

Transformasi kesehatan layanan primer menjadikan pelayanan kesehatan terintegrasi, yang dulunya dilakukan per program, kini dilaksanakan per klaster. “Ada lima klaster, dimulai dari klaster manajeman puskemas, klaster ibu dan anak dan remaja, klaster usia produktif dan lansia, klaster penyakit menular, dan lintas klaster,” terang Mujakir, SKM. Melalui sistem klaster ini, diharapkan dapat memfokuskan upaya preventif dan promotif untuk mencapai target standar pelayanan minimal (SPM). “Dengan kick off ILP ini kita segera bergerak untuk seluruh wilayah Kecematan Woja mendekatkan layanan sampai ke tingkat Kelurahan/Desa Sampai Dusun Rt/Rw yang didukung oleh Jejaring Dan Lintas Sektor” katanya.

Di tingkat dusun/RW akan terdapat kegiatan posyandu yang terintegrasi. Kegiatan posyandu dilakukan terjadwal oleh kader dan didampingi petugas dari Posyandu Prima dan Puskesmas. Pelayanan yang diberikan antara lain skrining dan edukasi kesehatan sesuai siklus hidup serta layanan pencegahan seperti imunisasi dan pemberian makanan tambahan (PMT). Para kader juga akan rutin melakukan kunjungan rumah secara rutin dan terencana. Hasil kunjungan akan disampaikan ke Posyandu Prima untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh petugas dan masyarakat. Semua masalah kesehatan yang diidentifikasi dalam rangkaian pelayanan kesehatan primer, akan ditindaklanjuti melalui koordinasi oleh Posyandu Prima dengan keterlibatan semua Jejaring dan Lintas sektor.

Retribusi Pelayanan UPTD Puskesmas Dompu Barat
Alur Pelayanan UPTD puskesmas Dompu Barat

Selanjutnya Desa Serakapi Akan Menjadi Pilot Project Untuk Pelaksanaan Posyandu Prima dan aka di ikuti oleh kelurahan atau desa yang lain tambah Kepala Puskesmas dompu Barat Mujakir SKM.