Home GALLERY KEGIATAN REMBUK STUNTING TINGKAT KABUPATEN DOMPU TAHUN 2022

REMBUK STUNTING TINGKAT KABUPATEN DOMPU TAHUN 2022

80

Kegiatan Rembuk stunting tingkat Kabupaten Dompu tahun 2022 mengangkat tema “Gizi Optimal Untuk Generasi Milenial”. Acara  ini bertempat di Aula Pendopo (Kamis, 23/06/22) dan dihadiri oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu, Kepala Dinas Kesehatan, Pimpinan OPD atau Pejabat yang mewakili, Camat Se Kabupaten Dompu, Kepala Desa/Lurah Se Kabupaten Dompu dan elemen penting lainnya.

Rembuk stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah kabupaten/kota untuk memastikan terjadinya integrasi pelaksanaan intervensi penurunan stunting secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah dan masyarakat.

8 (Delapan) Aksi Intervensi Penurunan Stunting

  1.  Aksi 1 ( Analisa Situasi )
  2.  Aksi 2 ( Penyusunan Rencana Kegiatan )
  3.  Aksi 3 ( Rembuk Stunting )
  4.  Aksi 4 ( Perbub Tentang Peran Desa )
  5.  Aksi 5 ( Pembinaan Kader Pembangunan Manusia/KPM )
  6.  Aksi 6 ( Manajemen Data Stunting )
  7.  Aksi 7 ( Pengukuran dan Publikasi Data Stunting )
  8.  Aksi 8 ( Review Kinerja Tahunan )

Pravelensi Stunting untuk anak Balita di Kabupaten Dompu saat ini sebesar 14,30%, lebih rendah dari target Nasional tahun 2022 sebesar 18,4%.

Output yang diharapkan dari Rembuk Stunting dalah:

  1. Komitmen penurunan stunting yang ditandatangani oleh Bupati/Wakil Bupati, perwakilan DPRD, kepala Desa, pimpinan OPD, perwakilan sektor non pemerintah dan masyarakat.
  2. Rencana kegiatan intervensi gizi terintegrasi penurunan stunting yang telah disepakati oleh lintas sektor untuk dimuat dalam RKPD/Renja OPD tahun berikutnya. Hasil kegiatan rembuk stunting menjadi dasar gerakan penurunan stunting kabupaten/kota melalui integrasi program/kegiatan yang dilakukan antar OPD penanggungjawab layanan dan partisipasi masyarakat.