Home Artikel Menuju Indonesia Bebas Karies 2023

Menuju Indonesia Bebas Karies 2023

98
KSGM
Prog. Pengembangan UPTD PKM Dompu Timur

Permasalahan gigi dan mulut merupakan salah satu dari masalah kesehatan yang dikeluhkan masyarakat dewasa maupun anak-anak. Salah satu masalah kesehatan gigi paling sering di alami adalah karies gigiĀ (gigi berlubang). Namun sayangnya banyak di antara kita menganggap ini sebagai hal yang sepele, padahal jika di biarkan karies gigi dapat merakibat timbulnya rasa nyeri, gusi bengkak, gigi tanggal bahkan dapat menjadi sumber infeksi pada penyakit tertentu.

KSGM
Prog. Pengembangan UPTD PKM Dompu Timur

Masalah ini sangat mudah di cegah hanya dengan cara kita memberikan sedikit perhatian lebih dalam proses pemeliharaan serta menjaga kebersihan gigi dan mulut. Cara paling mudah, dan murah dalam pencegahan karies gigi adalah dengan rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari di saat pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur serta dibekali pengetahuan cara menyikat gigi dengan benar.

Demi menuju tujuan nasional Indonesia Bebas Karies 2030. UPTD Puskesmas Dompu Timur berkomitmen untuk mencapai tujuan tersebut dari lingkup yang paling kecil dan sedini mungkin dengan melakukan kampanye Sikat Gigi Masal di Sekolah-sekolah guna membentuk pengetahuan dan perilaku anak pra sekolah dan sekolah mampu dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kampanye Sikat Gigi masal menjadi sebuah program tahunan yang dilaksanakan di semua sekolah wilayah kerja UPTD Puskesmas Dompu Timur dengan sasaran anak pra sekolah dan anak sekolah di bawah 12tahun.