Home Berita VERIFIKASI STBM PILAR 1, 2 & 3 TINGKAT KABUPATEN DOMPU

VERIFIKASI STBM PILAR 1, 2 & 3 TINGKAT KABUPATEN DOMPU

76

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan program dengan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi berbasis pemberdayaan masyarakat. Program ini lebih fokus pada perubahan perilaku bukan pada pembangunan sarana dan prasarana.

Kamis, 21 Juli 2022 dilakukan verifikasi STBM tingkat Kabupaten Dompu oleh Tim Pokja PPAS Provinsi NTB. Kegiatan verifikasi STBM dilakukan di 8 Kecamatan dengan menilai Pilar 1 Stop Buang Air Besar Sembarang Tempat (Stop BABS), Pilar 2 Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Pilar 3 Pengelolaan Air Minum dan Makanan di Rumah Tangga (PAMM-RT).

Hasil uji petik verifikasi Pilar 1, 2 & 3 STBM, Kabupaten Dompu memperoleh predikat “baik”. Ketua Tim Verifikator STBM Provinsi NTB Taufiq Hari Suryanto, SKM., menyerahkan berita acara hasil verifikasi pilar 1, 2 & 3 STBM kepada Bapak Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, SKM., M.MKes.

Mengingat bahwa kategori yang diikuti adalah STBM berkelanjutan yang menerapkan lima pilar STBM, untuk itu diharapkan tetap ada dukungan dari semua pihak yang ada di Kabupaten Dompu. Rencana Deklarasi 3 Pilar STBM Kabupaten Dompu akan dilaksanakan bulan Agustus mendatang.