Home Berita PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN BERGERAK (PKB) DI KABUPATEN DOMPU

PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN BERGERAK (PKB) DI KABUPATEN DOMPU

40
PELAYANAN KESEHATAN BERGERAK

Pelayanan Kesehatan Bergerak adalah pelayanan yang dilakukan oleh Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak (TPKB) dalam rangka meningkatkan akses dan ketersediaan pelayanan kesehatan di daerah terpencil dan sangat terpencil. Pelayanan kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kawasan terpencil dan sangat terpencil dilakukan melalui berbagai pendekatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan karakteristik masing-masing daerah dan kebutuhan masyarakat setempat.

Pelaksanaan PKB tahun 2022 di Kabupaten Dompu dilaksanakan di Kecamatan Pekat wilayah Puskesmas Calabai. Tahun ini Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) dilaksanakan sebanyak 3 tahap di Dusun Rabajabu Desa Tambora kecamatan Pekat. Tahap I dilaksanakan pada tanggal 17-20 Juni 2022 dengan melibatkan tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Puskesmas Calabai dengan dokter spesialis penyakit dalam dan kader.

Pelayanan Kesehatan bergerak (PKB) ini memiliki beberapa kegiatan yang terdiri dari pengobatan dasar, pelayanan spesialistik, skrining penyakit tidak menular, penyebaran informasi kesehatan dan transfer knowledge dokter spesialis pada masyarakat di Daerah Terpencil/Sangat Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu.

Sasaran dari PKB ini adalah masyarakat yang berada di wilayah kerja Puskesmas Calabai. Puskesmas Calabai memiliki wilayah kerja geografis perbukitan. Puskesmas ini merupakan puskesmas dengan kategori kemampuan pelayanan rawat inap dan kategori puskesmas sangat terpencil dengan wilayah kerja 7 desa. Salah satu wilayah kerja Puskesmas Calabai adalah desa Tambora yang berada paling jauh dengan Puskesmas Calabai.

Pelaksanaan Kesehatan Bergerak (PKB) tahap II dan tahap III akan dilaksanakan pada bulan Agustus dan Oktober tahun 2022. Pada tahun 2021, Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Dompu yang bertempat di Dusun Karya Sari Desa Soritatanga Kecamatan Pekat wilyayah  Puskesmas Calabai II Nangakara.

Pelaksanaan Kesehatan Bergerak (PKB) sangat diharapkan dapat dilanjutkan oleh Dinas Kabupaten secara rutin dan berkala untuk mendekatkan akses pelayanan kepada masyarakat di Daerah sangat terpencil.