Apa itu Cacingan ?

Cacingan atau ascariasis adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh cacing atau parasit yang ada didalam tubuh. Umumnya jenis cacing yang menyerang adalah cacing pita, cacing kremi dan cacing tambang. Penyakit cacingan seringkali kali diabaikan oleh sebagian besar masyarakat karena dianggap penyakit yang jarang sekali menyebabkan kematian. Kendati demikian pada kondisi yang fatal cacingan dapat berbahaya bagi kehsehatan

Dampak bagi penderita cacingan

Cacingan akan berdampak terhadap kualitas hidup penderitanya, para penderita cacingan akan mengalami ganggguan kesehatan, gizi buruk, tingkat kecerdasan menurun, serta produktivitas penderitanya yang tetu saja akan berdampak pada sumber daya manusia, baik sosial maupun ekonomi.

Penyakit cacingan umumnya diderita oleh kelompok masyarakat menengah ke bawah yang dengan sanitasi yang kurang baik terutama pada anak-anak usia dibawah 10 tahun. Prilaku hidup yang kurang sehat dan kotor menjadi pemicu terjadinya infeksi cacingan pada manusia. Anak-anak sangat rentan terinveksi cacing, hal ini karena interaksi mereka yang gemar bermain dengan tanah. Maka Peranan orang tua sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan anak-anak mereka dari pola hidup yang kurang sehat

Kasus cacingan lebih banyak ditemukan pada negara-negara dengan iklim tropis hal ini disebabkan suhu iklim tropis sesuai untuk perkembangan telur dan larva cacing. Tidak heran jika di Indonesia kita sangat sering menjumpai inveksi cacingan, sehingga pencegahan terhadap cacingan rutin dilakukan oleh Pemerintah.

Gejala Cacingan

Pada kasus yang ringan penderita cacingan tidak merasakan gejala yang spesifik, pada beberapa kasus gejala yang mungkin akan dirasakan akan berbeda tergantung bagian atau organ mana yang teriveksi.

Pada inveksi di paru-paru penderita akan mengalami batuk yang berkepanjangan, sesak nafas dan bersin bersin. Sedangkan inveksi di usus akan menyebabkan rasa nyeri diperut, mual, muntah, diare atau BAB berdarah

Pencegahan

Pencegahan inveksi cacing pada manusia cukup mudah. Hanya dengan membiasakan pola hidup sehat dan bersih terutama peranan orang tua untuk selalu mengawasi aktivias anak-anak mereka.

Hidari anak – anak dari sumber-sumber penularan cacing, Menggunakan alas kaki setiap keluar rumah, Selalu mebersihkan tangan dan kaki dengan sabun setiap kali selesai bermain atau bercengkrama dengan tanah, Tidak BAB sembarangan, membiasakan diri dan anak-anak untuk selalu BAB di jamban, Merebus air sebelum diminum, Menjaga kebersihan makanan dari lalat dengan selalu meutup makanan, rutin konsumsi obat cacing minimal 6 bulan sekali.

Pengobatan

Apabila anda menemukan gejala-gejala di atas segera ke puskesmas atau ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Konsultasikan kepada dokter obat yang tepat bagi kondisi tubuh anda/anak anda.

Pin It on Pinterest

Share This